Minggu, 05 Juni 2011

DOMAIN INTERNET

dikutip dari :

http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/browser/domain_name.html

Menjelajah Internet dengan web browser adalah hal yang menarik untuk dilakukan, tetapi terkadang kita tidak sadar bahwa kita telah tersesat di rimba raya informasi. Hal ini sering terjadi bilamana kita tidak memahami apa yang sedang kita dan darimana layanan itu berasal atau bagaimanakah lembaga yang sedang kita akses tersebut. Untuk melengkapi pemahaman tentang URL ada baiknya kita sedikit memahami bagaimanakah komputer-komputer di internet itu dinamai.

Tata cara penamaan komputer di internet menggunakan suatu standard yang dinamai Domain Name Server (DNS). DNS diciptakan untuk mempermudah manusia untuk mengetahui suatu host/komputer tertentu dan mengetahui dimanakah dia berada.

Pembacaan nama komputer dimulai dari bagian belakang ke depan. Semakin ke depan semakin menunjukkan komputer yang dituju, semakin kebelakang akan menunjuk ke kelompok/domain dimana komputer itu berada.

Berikut ini beberapa contoh penamaan komputer di internet :

Contoh 1: www.yahoo.com

  • "com" adalah kode domain (Domain Code) yaitu kode yang menjelaskan letak geografis atau jenis organisasi.
  • Dipisahkan dengan "." (dot) bagian kedua adalah "yahoo" disebut sebagai nama domain (Domain Name) yang menunjukkan ke suatu perusahaan atau organisasi tertentu. Dari contoh adalah yahoo, yahoo adalah nama portal terpopuler yang paling banyak diakses oleh pemula di internet.
  • Terakhir adalah "www" adalah nama host (Host Name) yaitu nama komputer yang sedang kita akses saat ini. "www" adalah nama default untuk host yang memberikan layanan akses web.

Contoh 2: www.petra.ac.id

  • "id" adalah kode negara untuk indonesia.
  • "ac" adalah kode domain untuk organisasi akademik.
  • "petra" adalah nama domain UK. Petra
  • "www" adalah nama host

Berikut ini daftar beberapa kode domain dan jenis organisasinya :

Kode domain
Organisasi
com
Komersial
edu
Pendidikan dan penelitian
gov
Pemerintahan (non-militer)
mil
Militer
net
Layanan bantu untuk network
acd
Akademik
org
Organisasi lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar